Inulah 17 Pantai Gres Di Jogja Yang Paling Indah - Katalog Wisata

Friday, July 12, 2019

Inulah 17 Pantai Gres Di Jogja Yang Paling Indah

Pantai Di Jogja - Sobat traveler, inilah rekomendasi pantai gres di Jogja yang paling indah dan belum terjamah oleh banyak wisatawan. Mulai dari pantai-pantai tersembunyi berpasir putih hingga pantai hits yang cocok untuk camping anak muda ada semua disini.

Kawasan Provinsi Yogyakarta cuilan selatan terutama Gunung Kidul dan Bantul memang kaya akan deretan pantai manis nan eksotis. Hempasan gelombang yang besar, pasir putih, kerikil karang yang terjal, hingga bioata bahari yang unik menjadi daya tarik tersendiri pantai-pantai disini.

Nah, bagi kau yang ngaku pecinta pantai, rasanya tidak sah kalau belum mengunjungi tempat wisata pantai terindah yang ada di daerah Jogja cuilan selatan ini. Oleh sebab itu, segera agendakan liburanmu ke sini ya gaes, rugi banget deh kalau ke kota Gudeg tanpa menikmati keindahan pantainya.

Daftar Pantai Baru Di Jogja Yang Paling Indah Dan Belum Terjamah

1. Pantai Wohkudu

pantai gres di Jogja yang paling indah dan belum terjamah 17 Pantai Baru Di Jogja Yang Paling Indah Dan Belum Terjamah
Ilustrasi Pantai Baru Di Jogja yang berjulukan Pantai Wohkudu (Foto via yogyafoto.blogspot.co.id)
Pantai Wohkudu termasuk pantai gres yang cocok untuk camping di Jogja terutama bagi traveler muda. Pantainya memang relatif kecil, namun keindahan serta suasananya yang masih sepi akan menciptakan kau mencicipi mirip berada di private beach.

Pantai ini diapit oleh 2 bukit dan mempunyai pasir putih hingga padang rumput yang cukup luas. Tak ayal, pemandangan disini sangatlah indah memanjakan mata. Bahkan, keasrian Pantai Wohkudu akan sanggup menciptakan kau betah untuk berlama-lama menikmati deburan ombak dan desiran bunyi angin.

Alamatnya berada di Nglaos, Dukuh Wiroso, Girikarto, Panggang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah spesial Yogyakarta. Harga tiket masuk Pantai Wohkudu sekitar 3 ribu rupiah dan parkir 2 ribu rupiah. Bagi kau yang akan kesini, sebaiknya membawa bekal masakan dan minuman sebab di pantai tidak ada orang berjualan.

2. Pantai Kesirat

Berbeda dengan kebanyakan pantai indah di Gunung Kidul yang berpasir putih, Pantai Kesirat menyuguhkan pesona tebing kerikil karang yang instagenic. Dari atas pinggiran pantai, kau sanggup menyaksikan birunya air bahari dan bunyi ombak yang menghantam karang.

Pantai ini juga dikenal sebagai salah satu spot mancing di Jogja sebab tempat singgah ikan-ikan besar. Bahkan kabarnya berdasarkan para pemancing, hiu tutul, paus maupun lumba-lumba sering terlihat ketika animo migrasi tiba disini.

Baca juga: Inilan 20 Tempat  Daerah Wisata Di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi 

Pantai yang terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul ini juga asik buat ngecamp dan menyaksikan matahari karam (sun set). Harga tiketnya cukup murah, hanya 5 ribu rupiah, parkir motor 2 ribu rupiah, dan parkir kendaraan beroda empat sekitar 5 ribu rupiah.

3. Pantai Sinden dan Pulau Kalong

Aneka tempat plesir di Jogja memang tak ada habisnya, satu lagi pantai eksotis hadir untuk menemani liburan kamu, yaitu pantai Pantai Sinden dengan Pulau Kalongnya.
 Lokasinya berada di Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah spesial Yogyakarta.

Sama mirip halnya Pantai Kesirat, disini juga kau tidak akan menemui pasir putih karena
 Pantai Sinden termasuk tipe pantai tebing. Namun, ada spot unik disini yang tak sanggup kau temui di pantai lain, namanya Pulau Kalong.

Sesuai dengan namanya, Pulau Kalong memang dihuni oleh sejumlah kelelawar (baca : kalong). Untuk mencapai pulau ini, kau harus memakai "gantole" atau jembatan kayu sederhana mirip halnya di Pantai Timang. Jadi, benar-benar menguji nyali dan memacu adrenalin. Harus ekstra hati-hati gaes!

4. Pantai Cemara Sewu

Mendengar namanya, tentu kau sudah sanggup menebak bahwa di pantai ini akan dijumpai pohon cemara bukan? Ya, memang benar gaes, Pantai Cemara Sewu ini mempunyai semacam hutan cemara yang indah dan cantik.

Hamparan bahari biru yang luas dengan pasir hitam kecoklatan serta rindangnya pohon cemara disini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Tak hanya itu, suasananya yang hening sebab masih jarang dikunjungi menciptakan kau akan betah berlama-lama menikmati hembusan angin pantai disini.

Pantas rasanya kalau Pantai Cemara Sewu dimasukkan dalam daftar tempat wisata terindah di Bantul yang wajib dikunjungi. Pantai ini juga layak dijadikan tempat foto prewedding di Jogja sebab hutan cemara disini sungguh instagramable banget.

Oya, bila kau tertarik dengan Pantai Cemara Sewu, alamatnya ada di Jl. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah spesial Yogyakarta. Fasilitas yang tersedia di pantai ini sudah tidak mengecewakan lengkap, mirip Gazebo, Jembatan Selfie, dan warung warung jajanan.

Untuk harga tiket masuknya menjadi satu retribusi dengan Pantai Parangtritis yaitu sebesar Rp.5.000,- dan biaya parkir kendaraan motor Rp.3000,- sedangkan kendaraan beroda empat Rp.5.000,-. Jangan lupa siapkan kamera dengan full baterai ya, semoga sanggup puas narsis atau selfie.

5. Pantai Watulawang

Bagi kau yang sedang mencari tempat wisata gres di Jogja yang lagi hits maka Pantai Watulawang sanggup menjadi pilihan yang tepat. Pantai ini memperlihatkan keindahan panorama berupa bebatuan karang dengan pasir putih.

Dinamakan Watulawang sebab memang disini ada goa berjulukan Watulawang yang dipakai untuk upacara adab nyadran masyarakat setempat. Pantai yang disebelah timur goa tampak lebih luas dari pada cuilan barat goa dan sering dipakai untuk olah raga air.

Alamat pantai ini berada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Daerah spesial Yogyakarta. Fasilitas yang tersedia tidak mengecewakan lengkap meskipun masih sederhana mirip kamar mandi, warung masakan dan minuman, tempat parkir dan tempat berteduh.

6. Pantai Watu Lumbung

Pantai Watu Lumbung terletak di daerah Balong, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah spesial Yogyakarta. Berkunjung ke pantai ini, kau akan disuguhi deretan kerikil karang, tebing, dan ombak besar mirip halnya pantai-pantai di Kebumen serta daerah pesisir Pulau Jawa lainnya.

Ada spot unik yang menjadi daya tarik wisatawan, yaitu gugusan kerikil karang mirip sebuah lumbung (baca : tempat menyimpan padi). Mungkin sebab hal itulah pantai indah ini dinamakan Watu Lumbung. Pemandangan sunset disini juga indah, sayang kalau dilewatkan begitu saja.

Rute jalan menuju ke lokasi Pantai Watu Lumbung terbilang sulit, dari tempat parkir kau masih harus trekking menuruni bukit menuju ke bibir pantai. Mungkin sebab medan yang susah tersebut, menyebabkan pantai ini jarang dikunjungi oleh wisatawan.

7. Pantai Jungwok

Satu lagi pantai di Jogja yang asik buat camping yaitu Pantai Jungwok. Letaknya di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Tepatnya sekitar 500 meter dari Pantai Wediombo yang juga menjadi lokasi favorit untuk kemah bawah umur muda.

Pantai Jungwok mempunyai garis pantai yang melengkung dengan pasir putih yang lembut. Kamu juga sanggup bertemu para pencari lobster disini lho. Tak hanya itu, kau juga sanggup melihat banyaknya ikan-ikan berenang bebas kesana kemari menghiasi beningnya air bahari disini. Asik bukan?

8. Pantai Ngandong

Tak kalah dengan deretan pantai indah di Bali dan Pulau Lombok, Jogja juga punya sejumlah pantai manis tersembunyi yang eksotis. Salah satunya yaitu Pantai Ngandong yang terletak di Jalan Pantai Selatan Jawa, Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai ini memang belum begitu terkenal mirip Pantai Siung atau Indrayanti, namun pesona dari pantai ini layak disandingkan dengan kedua pantai tersebut. Begitu hingga disini, kau akan disambut dengan butiran pasir putih, lautan biru, dan ombak pantai yang relatif tenang.

Baca juga: Wisata Alam Yang Indah Di Lampung, Sumatera, Indonesia Wajib DI Kunjugai 

Di sebelah kanan dan kiri, kau sanggup melihat perbukitan kerikil kars yang sangat indah. Warna hijau di bukitnya seolah menjadi pemandangan manis ketika berpadu dengan pasir putih dan lautan biru. Batu-batu karang yang terletak di lepas lautan pun akan semakin menarik hati kau untuk segera membuka lensa kamera.

9. Pantai Ngrumput

Pantai Ngrumput merupakan pantai pasir putih yang berlokasi di bawah Bukit Kosakora. Jadi, ketika berkunjung kesini, kau sanggup sekalian menyambangi Bukit Kosakora yang lagi ngehits sebagai spot foto kekinian ala bawah umur IG.

Secara administratif, pantai ini berada di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Pantai Ngrumput mempunyai beberapa titik tebing tinggi, sebuah lorong gua dan kerikil karang bolong (baca : berlubang).

Hal menarik yang patut kau lihat yaitu ketika ombak tiba dan melewati lubang yang cukup besar di pinggir karang berlubang tersebut. Untuk sanggup hingga ke Pantai Ngrumput, kau harus start melalui Pantai Drini. Kamu harus berjalan kurang lebih 20-30 menit.

10. Pantai Pok Tunggal

Tidak perlu diragukan lagi bahwa keindahan pantai-pantai Gunungkidul tak jauh berbeda dengan pantai indah yang ada di Malang Jawa Timur. Sebut saja Pantai Pok Tunggal dengan hamparan pasir putih serta sunset yang menenangkan jiwa.

Sebatang pohon Duras (baca : Pok) yang ikonik dan tebing-tebing karang yang membatasinya, menciptakan pantai ini semakin cantik. Tak ayal, siapapun yang tiba kesini akan betah untuk berlama-lama menikmatinya.

pantai gres di Jogja yang paling indah dan belum terjamah 17 Pantai Baru Di Jogja Yang Paling Indah Dan Belum Terjamah
Ilustrasi sunset di Pantai Pok Tunggal (Foto : yogyes.com)
Pantai yang beralamat di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul ini mempunyai bibir pantai yang landai sehingga cukup kondusif untuk bermain air. Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap, mirip gazebo atau payung, toilet, dan warung-warung yang menjajakan masakan dan minuman.

11. Pantai Peyuyon

Pantai Peyuyon termasuk salah satu tempat wisata indah di Gunung Kidul yang tersembunyi sebab belum banyak wisatawan mengetahuinya. Hamparan pasir putihnya memang tak terlalu luas, namun keindahan dan keasriannya menciptakan siapapun akan terbius olehnya.

Lokasi pantai yang masih "perawan" atau "virgin" ini terletak di Kanigoro, Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah spesial Yogyakarta. Pasir pantainya masih sangat bersih, airnya jernih kebiru-biruan, dan di dalamnya aneka macam ikan kecil berenang.

Kamu juga akan menemukan cukup banyak pohon pandan yang menghiasi Pantai Peyuyon. Dua buah tebing kokoh di kanan dan kirinya menciptakan suasana tak begitu panas ketika matahari bersinar. Tempatnya lezat juga buat ngecamp gaes.

12. Pantai Watu Kodok

Daya tarik pantai gres di Yogyakarta yang satu ini terletak pada hamparan pasir putih dan karang-karang terjang sepanjang pantai. Disebut dengan nama Pantai Watu Kodok konon kabarnya sebab adanya kerikil karang disini yang berbentuk ibarat kodok.

Berlokasi di Banjarejo, Desa Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Pantai Watu Kodok menyuguhkan pemandangan indah nan alami yang tenang, jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Buat kau yang akan kesini, sebaiknya membawa bekal yang cukup mirip bantalan duduk, makanan, dan minuman sebab fasilitasnya masih sangat minim.

13. Pantai Sadranan

Siapa bilang di Jogja gak sanggup snorkeling? Ada neh satu pantai indah yang bagus buat kegiatan snorkeling ketika liburan. Namanya Pantai Sadranan, terletak di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

Mencari spot snorkeling dan diving di daerah Yogyakarta memang agak sulit, mengingat pantai-pantai disini mempunyai ciri khas berupa ombak yang sangat besar dan ganas. Namun, ombak di Pantai Sadranan nampaknya akrab untuk kegiatan snorkeling.

Kamu sanggup menikmati keindahan terumbu karang dan ikan-ikan kecil disini. Meskipun gak seindah terumbu karang di Kepulauan Seribu dan Karimun Jawa, cukup rasanya kalau untuk sekedar mencicipi sensasi snorkeling.

Di pantai ini, kau juga sanggup menikmati hamparan pasir putih dan keindahan senja di yang mempesona. Harga tiket masuknya sekitar 10 ribu rupiah. Bagi kau yang ingin menyewa alat snorkeling harus menyediakan budget kurang lebih 50 ribu rupiah untuk menyewa alatnya.

14. Pantai Ngeden

Masih di daerah Gunung Kidul, tepatnya di Krambil Sawit, Sapto Sari, ada satu lagi pantai gres yang tak kalah indah bila dibandingkan dengan pantai-pantai tersebut diatas, yaitu Pantai Ngeden.

Pantai ini memperlihatkan hamparan pasir putih yang higienis dan alami. Dengan diapit oleh dua tebing kokoh, menciptakan Pantai Ngeden atau yang sering disebut Ngedan menjadi semakin eksotis. Seolah-olah mirip pantai pribadi yang mungil.

Garis pantainya yang tak begitu luas serta masih dipenuhi karang, menciptakan kesan alami benar-benar terasa disini. Selain itu, tempat ini juga kabarnya sanggup buat spot mancing sebab berbatasan eksklusif dengan perairan bahari dalam yang biasanya kaya ikan.

15. Pantai Sedahan

Bagi kau yang sedang mencari pantai gres di Jogja buat camping maka Pantai Sedahan sanggup menjadi pilihan yang tepat. Hamparan pasir putih dan tebing hijau yang mengapitnya menyebabkan pantai ini asyik buat ngecamp bersama sahabat atau sahabat.

Mengingat belum ada kemudahan yang memadahi, bila kau ingin kesini untuk sekedar refreshing atau pun berkemah, sebaiknya membawa perbekalan yang cukup mirip makanan, minuman, tenda, alat masak, tikar, dan lampu.

Untuk alamat lengkap Pantai Sedahan terletak di Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Kondisinya masih sepi serta belum banyak wisatawan yang berkunjung kesini. Jadi, pantai ini masih benar-benar terjaga keasriannya.

16. Pantai Ngetun

Ada satu lagi pantai mungil nan manis yang belum terjamah oleh banyak wisatawan, yaitu Pantai Ngetun. Lokasinya berada di Sureng, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

Keunikan dan keistimewaan Pantai Ngetun terletak pada hamparan pasir putih yang higienis serta pemandangan perbukitan atau tebing hijau yang mengapitnya. Jika dilihat dari atas bukit, pantai ini tampak mirip sebuah teluk kecil yang indah.

Akses jalan menuju ke Pantai Ngetun tergolong sulit sebab jalannya masih berbatu dan belum diaspal. Pastikan kondisi fisik dan kendaraan kau dalam keadaan prima sebelum berkunjung kesini. Karena papan petunjuknya relatif kecil, alangkah baiknya bila bertanya kepada warga setempat bila bingung.

17. Pantai Butuh

Buat kau yang lagi butuh ketenangan alam untuk menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari, Pantai Butuh yang terletak di Krambilsawit, Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul sanggup menjadi alternatif pilihan yang pas untuk liburan.

Pantai berpasir putih nan elok ini masih sangat jarang dikunjungi wisatawan, tak heran jikalau suasana sepi dan tenang begitu terasa disini. Kamu hanya akan ditemani bunyi hembusan angin bahari serta hempasan gelombang pantai.

Diapit oleh dua kerikil karang besar, menciptakan Pantai Butuh seperti tersembunyi dari penglihatan banyak orang. Untuk menikmati kedamaian disini, kau hanya akan dikenakan tarif sekitar 10 ribu rupiah per orang. Murah meriah bukan?

Nah, itu beliau deretan pantai nan indah yang sanggup kau kunjungi ketika liburan di kota Yogyakarta dan sekitarnya. Cantiknya benar-benar kebangetan kan? Rugi deh kalau hingga melewatkan satu pantai pun! Bagi kau yang punya info terkini perihal pantai gres di Jogja yang lagi hits, sanggup menambahkannya melalui kolom komentar.
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done